5 Barang yang Harus Disiapkan Sebelum Solo Traveling

Travel dan AksesorisLeave a Comment on 5 Barang yang Harus Disiapkan Sebelum Solo Traveling

5 Barang yang Harus Disiapkan Sebelum Solo Traveling

Melakukan perjalanan seorang sendiri memang menjadi tantangan besar tersendiri bagi setiap orang. Apalagi jika perjalanan yang mereka lakukan berada di lintas negara dengan kultur dan suasana yang sangatlah berbeda dari kultur negara asalnya. 

Solo traveling akan terasa sangat menakutkan bagi para solo traveler pemula. Jika sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh sendiri, kebiasaan tersebut akan tertanam menjadi passion dan berpeluang mendapat keuntungan. Siapa yang tertarik menjadi solo traveler?

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Solo Traveling

Sebelum melakukan perjalanan sendirian, banyak hal yang perlu Anda persiapkan demi keamanan dan kenyamanan selama berkelana di tempat asing. Salah satu bentuk persiapan yang harus direncanakan secara matang adalah itinerary.

Tentukan rencana perjalanan dengan jadwal dan budget yang terperinci. Hal ini dilakukan untuk menjaga batasan waktu dan uang yang kamu punya agar keberlangsungan wisata berjalan dengan seefektif dan seefisien mungkin.

Persiapan yang selanjutnya adalah terkait akomodasi dan transportasi. Anda dapat mencari referensi dan rekomendasi terbaik dan booking terlebih dahulu sebelum berangkat traveling. Pesan jasa akomodasi jauh-jauh hari dan pada waktu yang tepat untuk mendapat harga terbaik.

Selain persiapan itinerary, akomodasi dan transportasi, tak lupa Anda juga perlu mempersiapkan barang esensial selama tinggal di kawasan asing. Barang-barang apa sajakah itu? Berikut 5 jenis barang yang harus Anda persiapkan untuk solo traveling.

1.       Uang

Tak ada uang, tak ada traveling. Salah satu alasan utama atas kemampuan Anda melakukan perjalanan jauh sendirian adalah karena Anda punya uang. Persiapkan uang tunai, saldo ATM, hingga saldo dompet digital dalam jumlah yang pas. 

Seorang solo traveler tentu belum tahu betul bagaimana kondisi daerah destinasi perjalanan mereka. Ada yang segala transaksinya berbasis digital, dan ada pula yang berbasis cash atau dengan uang tunai.

Tentu saja jenis uang yang Anda bawa harus sesuai dengan tempat tujuan Anda. Jika Anda memutuskan untuk traveling ke negeri orang, persiapkan uang tunai sesuai mata uang negara tersebut dan juga kartu debit yang dapat dipakai di negara tersebut dan dengan saldo cukup.

2.       Dokumen Penting

Barang yang satu ini sama pentingnya dengan uang. Usahakan untuk selalu membawa dokumen penting dimanapun berada dalam tempat yang praktis dan mudah dibawa kemana saja.

Contoh dokumen penting yang wajib Anda bawa adalah kartu identitas (KTP, Paspor), visa (jika traveling ke luar negeri), tiket transportasi, bukti reservasi, atau jenis dokumen penting lain sesuai kebutuhan perjalanan Anda.

Jika diperlukan, buatlah salinan dokumen-dokumen tersebut dan simpan di tempat terpisah dan mudah dibawa kemana saja.

3.       Perangkat Elektronik

Zaman sekarang, hidup itu ibarat mati jika tidak memiliki perangkat elektronik di era digital ini, layaknya ponsel pintar dan koneksi internet. 

Ketika melakukan solo traveling, ponsel adalah keperluan esensial bagi seorang solo traveler karena berisi hampir seluruh informasi yang diperlukan dalam perjalanan mulai dari berangkat sampai pulang seperti untuk pesan tiket, cek jadwal, mencari rute, untuk transaksi, dan lain-lain.

Tak lupa, Anda juga wajib membawa perangkat elektronik lainnya seperti charger, kamera, powerbank, hingga plug converter (jika diperlukan).

4.       Pakaian dan Obat-obatan

Melakukan traveling berarti tinggal selama berhari-hari di kawasan asing. Anda perlu membawa baju ganti dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan cuaca daerah tersebut. Tak lupa juga Anda perlu membawa obat-obatan untuk keperluan khusus pribadi dan sebagai bentuk pertolongan pertama.

5.       Backpack atau Koper

Gunakan tas backpack atau koper sesuai dengan jumlah barang yang diperlukan. Selain itu, Anda juga perlu membawa tas kecil yang untuk menyimpan barang penting selama menjelajah destinasi wisata. 

Jika barang bawaan Anda banyak maka koper adalah pilihan yang tepat. Gunakan jenis koper yang aman dan nyaman untuk keperluan perjalanan Anda contohnya koper di IUIGA. Desainnya keren, mudah dibawa, dan aman karena terbuat dari bahan berkualitas yang awet dan sangat kuat.

Pilihan produk koper kekinian ini sangat beragam antara lain:

  1. Lumi Zero Carry-on Luggage, terbuat dari polycarbonate
  2. Maximus Aluminium Luggage, terbuat dari logam campuran antara aluminium dan magnesium
  3. Aluminium Alloy Frame Luggage, dari polycarbonate dan aluminium
  4. Spectra Lite Carry-on Luggage, dari polycarbonate
  5. Full Aluminium Magnesium Alloy
  6. Cuube 20” Luggage

Harga yang ditawarkan sangat sesuai dengan kualitas barang dan bahan kopernya mulai dari S$79.90 sampai dengan S$349.00. Tak perlu khawatir, harga tersebut sudah merupakan harga pas sesuai dengan informasi produk yang disampaikan.

Ditambah lagi IUIGA menyediakan layanan 30 days return dan free shipping demi pengalaman menyenangkan Anda dan pelanggan yang lain.

Alasan Mengapa Solo Traveling Dianggap Menakutkan

Melakukan solo traveling bisa dibilang sebagai ajang menantang diri sendiri. Aktivitas ini sebenarnya tidak sepenuhnya menakutkan. Buktinya, ada beberapa orang yang gemar melakukan solo traveling dengan intensitas yang sangat sering atau bahkan menjadikannya sebagai sebuah profesi idaman.

Biasanya ketakutan ini muncul bagi orang yang baru pertama melakukan solo traveling. Alasan dari rasa takut tersebut tak ubahnya orang mencoba hal baru yang penuh dengan tantangan, ketidakpastian, potensi risiko yang merepotkan, hingga alasan personal khusus orang tersebut.

Tetapi tak mengapa, setiap orang juga mengalami hal yang sama ketika melakukan hal baru di luar zona nyamannya. Ketakutan biasanya hanya terjadi di awal, ketika sudah terjun ke dalam, solo traveling adalah hal yang menyenangkan dan hampir selalu membuat orang ketagihan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa rata-rata orang cenderung takut dalam melakukan solo traveling.

1.     Berjalan Sendirian

Melakukan perjalanan sendiri memang tak ada teman di sisi untuk berbagi keluh kesah, berbagi pendapat dalam membuat keputusan, menjaga satu sama lain, menenangkan diri dikala panik melanda, menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bentuk dukungan penting lainnya. 

Memang menyenangkan apabila bisa menghabiskan waktu bersama kawan. Namun, akan lebih menyenangkan jika Anda berhasil menaklukkan rasa takut dan menemukan kesenangan dari berkelana seorang diri. 

Anda tidak sepenuhnya sendiri, selama berwisata pasti akan menemukan orang baru di berbagai tempat dan kesempatan. Ini bisa jadi peluang untuk menambah kawan baru dan berbagi ketertarikan yang sama seputar traveling ke banyak tempat.

2.     Biaya yang Dikeluarkan Selama Traveling

Solo traveling artinya siap mengeluarkan biaya tanpa adanya patungan. Biaya yang diperlukan oleh seorang solo traveler memang tidak sedikit mulai dari keperluan transportasi, akomodasi, konsumsi, tiket wisata, dan keperluan lainnya. Dan kabar buruknya, semua itu ditanggung seorang diri.

Namun hal itu bisa Anda rencanakan agar pengeluaran perjalanan dapat ditekan seminimal mungkin dengan manfaat seefektif mungkin. Anda dapat menemukan berbagai tips perjalanan budget minim melalui banyak media atau cerita dari solo traveler veteran lainnya.

Rasa takut dan khawatir saat menjalankan solo traveling dapat dikurangi dengan persiapan yang matang baik dari segi mental, kesehatan, pengetahuan, kemampuan, hingga finansial sebagai bekal selama berkelana di tempat atau negara orang.

Siapkah Anda menantang diri atau menyenangkan diri dengan solo traveling? Jangan lupa lakukan persiapan mental dan barang secara matang. Untuk keperluan travel set berkualitas, langsung saja cek iuiga.co.id dan dapatkan dapatkan barang dambaan sebagai teman ke destinasi impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kembali ke atas